Virdand Hafiz Suryawijaya, (2024) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Cibulan Kuningan. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2008204147_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008204147_2_bab1.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
2008204147_6_bab5.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
2008204147_7_dafpus.pdf Download (279kB) |
Abstract
Objek Wisata Cibulan Kuningan menjadi salah satu tempat wisata yang sedang diminati banyak kalangan. Persaingan antar tempat wisata satu sama lain membuat strategi untuk mewujudkan tempat wisata yang berkualitas dan memiliki popularitas tinggi yang bisa menarik minat banyak wisatawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana pengaruh daya tarik, fasilitas, aksesbilitas dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung di Objek Wisata Cibulan Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif jenis penelitian yang melihat hubungan atau pengaruh dua variabel atau lebih serta menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu wisatawan tahun 2022 berjumlah 119.907. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebesar 100 responden. Penentuan kriteria responden menggunakan metode purposive sampling. Hasil peneltian menunjukkan bahwa variabel daya tarik (X1) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) di Objek Wisata Cibulan Kuningan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.484 > 0.05. Variabel fasilitas (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) di Objek Wisata Cibulan Kuningan yang dibuktikan nilai signifikansi 0.001 < 0.05. Variabel aksesbilitas (X3) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) di Objek Wisata Cibulan Kuningan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.479 > 0.05. Word of mouth (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) di Objek Wisata Cibulan Kuningan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.009 < 0.05. Daya tarik (X1), fasilitas (X2), aksesbilitas (X3) dan word of Mouth (X4) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y) di Objek Wisata Cibulan Kuningan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi pada uji f yaitu 0.000 < 0,05. Kata kunci: Daya Tarik, Fasilitas, Aksesbilitas, Word Of Mouth, dan Keputusan Berkunjung.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:48 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |