Fina Magfiroh, (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS ATEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu pengetahuan Sosial.
![]() |
Text
2008104038_1_cover.pdf Download (806kB) |
![]() |
Text
2008104038_2_bab1.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
2008104038_6_bab5.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
2008104038_7_dafpus.pdf Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini penting guna untuk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa agar bisa berkontribusi aktif dalam kegiatan pembelajaran, berani untuk bertanya, agar tidak ragu-ragu dan malu Ketika menyampaikan pendapatnya didepan kelas, melatih siswa untuk mempunyai keberanian dan sikap tanggung jawab. Bagi guru penelitian ini berguna untuk memperbaiki model, metode dan media pembelajaran yang digunakan, agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan tidak bosan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher hereuntuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran IPS, untuk mengetahui keterampilan komunikasi siswa setelah menerapkan metode pembelajaran everyone is a teacher heredan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat. Peneliti mendeskripsikan metode pembelajaran everyone is a teacher hereuntuk melatih siswa mengembangkan keterampilan komunikasi pada pembelajaran IPS. Selain itu, peneliti menguraikan pemahaman siswa tentang pentingnya keterampilan komunikasi dalam pembelajaran dan mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi fenomenologi. Populasi dalam penelitian ini 32 siswa kelas VIII D SMPN 12 Kota Cirebon dengan subjeknya penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here di kelas VIII D. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi dan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher heredi SMPN 12 Kota Cirebon berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran IPS. Siswa sudah mampu untuk mengajukan pertanyaan proaktif dan mengungkapkan ide pendapatnya dan merespons, sehingga meningkatkan pemahaman mereka secara signifikan. Mereka juga memahami pendapat dari temannya dan juga sudah bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas mereka dengan baik.
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:27 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 04:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |