KORELASI ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV MI AL HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON

Sri Ayatina, (2024) KORELASI ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV MI AL HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107016_2_bab1.pdf

Download (505kB)
[img] Text
2008107016_7_dafpus.pdf

Download (475kB)
[img] Text
2008107016_6_bab5.pdf

Download (349kB)
[img] Text
2008107016_1_cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya gejala mengenai rendahnya rasa percaya diri yang dialami oleh sebagian besar siswa kelas IV, seperti belum memiliki keberanian untuk berpendapat, bertanya maupun menjawab pertanyaan dengan alasan takut salah. Hal ini mengakibatkan siswa sering kali tidak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep diri siswa kelas IV MI Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon. (2) mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa kelas IV MI Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon. (3) mengetahui bagaimana hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri siswa kelas IV MI Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Konsep diri merupakan cara pandang seseorang terhadap dirinya, baik dari segi fisik, sosial dan psikologis yang dapat terbentuk melalui pengalamannya dalam berinteraksi dengan orang lain. Konsep diri dapat menentukan kelangsungan hidup siswa di masa depan. Adanya konsep diri dapat memudahkan siswa untuk menggali segala potensi yang ada dalam dirinya. Ketika siswa memiliki konsep diri yang positif, maka akan terbentuk rasa percaya diri dan optimisme diri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon yang berjumlah 23 siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa siswa sudah memiliki konsep diri yang baik (X) berdasarkan hasil angket sebesar 68,60%. Siswa sudah memiliki kepercayaan diri yang baik (Y) berdasarkan hasil angket sebesar 70%. Terdapat hubungan positif yang kuat antara konsep diri (X) dengan kepercayaan diri (Y) siswa kelas IV MI Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon berdasarkan hasil angket diperoleh nilai Sig. (1-tailed) 0,001 < 0,05 dan nilai Pearson Correlation sebesar 0,639, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kepercayaan diri siswa kelas IV MI Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:26
Last Modified: 27 Mar 2025 03:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15226

Actions (login required)

View Item View Item