Ajeng Damayanti, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA ”TARI” TAMAN SAFARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107034_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008107034_2_bab1.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
2008107034_7_dafpus.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
2008107034_6_bab5.pdf Download (332kB) |
Abstract
Media diorama menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Diorama dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep yang diajarkan melalui representasi visual yang nyata dan interaktif. Selain itu, kelebihan dari media ini adalah kemampuannya untuk menarik minat belajar siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif Media diorama dapat digunakan untuk berbagai mata pelajaran, terutama dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar pada pembelajaran IPA, minimnya media pembelajaran pada pembelajaran IPA sehingga mempengaruhi hasil belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti mengembangkan media diorama “TARI” taman safari untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran diorama “Tari” Taman Safari untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas V MI An-Nur Kota Cirebon (2) Untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran diorama “Tari” Taman Safari untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas V MI An-Nur Kota Cirebon yang layak (3) V Untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran diorama “Tari” Taman Safari untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas V MI An-Nur Kota Cirebon yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar pretest-postest dan lembar angket respon minat siswa. subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah diorama "TARI" Taman Safari, yang memuat materi IPA tentang "golongan hewan berdasarkan jenis makanannya". Diorama terbuat dari kayu triplek yang dilapisi dengan styrofoam, kemudian ditutupi dengan rumput sintetis dan pasir di area masing-masing golongan hewan. Didalam diorama ini, ditempatkan miniatur hewan yang menggambarkan golongan makanannya masing-masing. diorama ini juga dihiasi dengan taman dan jalan. 2) Hasil kelayakan yang diperoleh dari ahli media mendapatkan nilai 90% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 92% kategori sangat layak sementara praktisi guru sebesar 96% kategori sangat layak, respon siswa sebesar 88% kategori sangat layak. Sementara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai N-gain sebesar 0,49 kategori sedang, maka media diorama efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI An-Nur Kota Cirebon
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:59 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |