Pipit Fitriya, (2024) PENGARUH PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VI MI NURUL HUDA GEMPOL KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107038_2_bab1.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
2008107038_6_bab5.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
2008107038_7_dafpus.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
2008107038_1_cover.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini kurangnya optimal hasil belajar siswa, sehingga seorang guru harus beradaptasi dengan berbagai macam kesulitan mengenai hasil belajar siswa. Peran guru dalam mentransformasikan proses pendidikan sangatlah penting. Banyak sarjana yang menegaskan bahwa tidak akan ada perubahan atau peningkatan kualitas di sekolah tanpa adanya perubahan dan peningkatan kualitas guru dalam kompetensi. Melihat fenomena tersebut perlu kiranya seorang guru mempunyai kinerja yang baik, agar segala kendala dalam menghadapi hasil belajar siswa yang belum baik, bisa diatasi dengan kemampuan atau kompetensi guru yang berkompeten. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan peniaian kinerja guru (PKG) di MI Nurul Huda Gempol Kuningan; (2) mendeskripsikan bagaimana pengaruh penilaian kinerja guru (PKG) terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI Nurul Huda Gempol Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, display data, trianggulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan: (1) penilaian kinerja guru oleh kepala sekolah menjadi suatu proses sistematis untuk mengukur sejauh mana seorang guru telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam proses pembelajaran; (2) kompetensi pedagogik menjadi salah satu aspek penting yang dinilai dalam kinerja guru; (3) Hasil belajar siswa termasuk cukup baik. Semakin tinggi kompetensi pedagogik seorang guru, maka semakin baik pula kinerja yang ditunjukkannya sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:16 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 04:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |