Syifa Maghfira Salsabila, (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV.1 DI MI AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107044_2_bab1.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
2008107044_6_bab5.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
2008107044_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008107044_7_dafpus.pdf Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi di MI An-nur Kota Cirebon, yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2023, khususnya untuk kelas I dan IV. Fokus penelitian ini adalah mata pelajaran IPAS di kelas IV, yang menghadapi berbagai permasalahan dalam implementasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami problematika yang muncul dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPAS kelas IV MI An-nur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS di MI An-nur Kota Cirebon (2) Menganalisis problematika yang dihadapi oleh guru pada implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS di MI An-nur Kota Cirebon (3) Menganalisis solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problematika implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pelajaran IPAS di MI An-nur Kota Cirebon. Kurikulum Merdeka adalah pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk memberi waktu lebih bagi siswa dalam mendalami konsep dan menguatkan kompetensi (Kemendikbud, 2020). Dalam kurikulum ini, IPA dan IPS digabung menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk mendorong pemahaman hubungan antara lingkungan alam dan sosial. Berbeda dengan KTSP, IPAS menekankan kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam memecahkan masalah sehari-hari (Ida Fiteriani, 2017). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan naratif, dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Kurikulum Merdeka di MI An-Nur Kota Cirebon dimulai bertahap sejak tahun ajaran 2023/2024 untuk kelas I dan IV, sementara kelas II, III, V, dan VI masih menggunakan kurikulum 2013. Proses ini menekankan profil pelajar Pancasila, pembelajaran berbasis proyek, integrasi mata pelajaran menjadi IPAS, dan penyesuaian dengan kebutuhan lokal. 2) Problematika yang dihadapi mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, dengan guru kesulitan menyusun perangkat pembelajaran yang tepat. 3) Solusi yang diterapkan oleh guru meliputi partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), pelatihan Kurikulum Merdeka, koordinasi dengan rekan guru, dan pengembangan strategi pembelajaran interaktif. Temuan ini memberikan wawasan untuk meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka dan kualitas pembelajaran di MI An-Nur.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:22 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 04:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |