Muhamad Hilda, (2025) Pengembangan Usaha Pemasaran Pabrik Tahu Di Desa Tuk Karang Suwung Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204010_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204010_2_bab1.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
2108204010_6_bab5.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
2108204010_7_dafpus.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pengelolaan dan strategi pemasaran pada usaha pabrik tahu di Desa Tuk Karangsuwung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Usaha yang dijalankan secara tradisional dengan keterbatasan inovasi dan promosi digital menghadapi tantangan serius, seperti fluktuasi harga bahan baku, keterbatasan tenaga kerja terampil, dan minimnya ekspansi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan usaha, hambatan yang dihadapi, serta strategi pengembangan yang diterapkan pelaku usaha tahu di wilayah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan pemilik usaha, karyawan, dan konsumen, serta dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yang meliputi tahapan pempulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian adalah usaha tahu milik Ibu Rokhmah yang telah beroperasi secara konsisten dari tahun 2020 hingga 2024 dengan kapasitas produksi 400 kg kedelai per hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan usaha tahu di Desa Tuk Karangsuwung secara umum telah berjalan secara fungsional, namun masih memerlukan peningkatan dalam hal sistematisasi manajerial dan profesionalisme usaha. Pengembangan usaha difokuskan pada bauran pemasaran (product, price, place, promotion), lokasi desa yang strategis dekat dengan pasar, tingginya permintaan pasar, serta penguatan nilai tambah melalui sertifikasi halal, kualitas produk, dan kedekatan lokasi dengan pasar. Upaya ini menunjukkan potensi besar untuk mendorong transformasi usaha tahu rumahan menjadi unit usaha yang lebih terstruktur dan berkelanjutan. Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Strategi Pemasaran, Industri Tahu, Umkm, Pemasaran Islami.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |