Analisis Potensi, Tantangan Dan Strategi Pengembangan Desa Wisata Halal Berbasis Cagar Budaya Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat Di Desa Depok Kec. Depok Kab. Cirebon

Raffasyah Maydah Sugianto, (2025) Analisis Potensi, Tantangan Dan Strategi Pengembangan Desa Wisata Halal Berbasis Cagar Budaya Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat Di Desa Depok Kec. Depok Kab. Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204012_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108204012_2_bab1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
2108204012_6_bab5.pdf

Download (271kB)
[img] Text
2108204012_7_dafpus.pdf

Download (349kB)

Abstract

Tanaman melinjo yang dikenal dengan sebutan tangkil (Gnetum gnemon L.), memiliki banyak manfaat dan hampir seluruh bagian tanaman ini, mulai dari daun, bunga, buah, hingga batangnya, dapat dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga dan industri. Dan masyarakat memanfaatkan tanaman melinjo menjadi olahan makanan ringan seperti emping melinjo. Emping melinjo merupakan salah satu produk pangan khas yang memiliki nilai ekonomi tinggi di Kecamatan Kedawung. Produksi emping melinjo di wilayah ini telah menjadi mata pencarian utama bagi sebagian masyarakat, dengan proses produksi yang masih mengandalkan metode tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketiga faktor utama yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan pelaku usaha emping melinjo di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, yaitu kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Populasi penelitian meliputi pelaku usaha emping melinjo di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi, yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis variabel kualitas produk (X1) terhadap tingkat penjualan (Y) berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan. Hal in dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel sebesar (3,773 > 1,979), variabel harga (X2) berpengaruh terhadap tingkat penjualan (Y) dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,01 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (3,461 > 1,979), variabel kualitas pelayanan (X3) berpengaruh terhadap tingkat penjualan (Y) dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,016 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (2.449 > 1,979). Variabel kualitas produk (X1), harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) terhadap tingkat penjualan (Y) memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien Adjusted R Square tercatat sebesar 0,482 atau 70%, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama atau simultan variabel kualitas produk (X1), harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan (Y) yang artinya Ha diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:04
Last Modified: 23 Jul 2025 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15530

Actions (login required)

View Item View Item