Pengaruh Sosial Media, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rm Rocket Chicken Pamijahan Kabupaten Cirebon

Aka Watrana Anindita, (2025) Pengaruh Sosial Media, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rm Rocket Chicken Pamijahan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204097_1_cover.pdf

Download (786kB)
[img] Text
2108204097_2_bab1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
2108204097_6_bab5.pdf

Download (357kB)
[img] Text
2108204097_7_dafpus.pdf

Download (293kB)

Abstract

Era digital telah membawa perubahan besar dalam strategi pemasaran, termasuk bagi pelaku UMKM. Digital marketing dan marketplace menjadi alat penting dalam meningkatkan pendapatan dan menjangkau pasar yang lebih luas. Di Kota Cirebon, meskipun jumlah UMKM terus meningkat, pemanfaatan pemasaran digital masih belum optimal. Banyak pelaku UMKM yang belum sepenuhnya memahami dan memanfaatkan media digital untuk memasarkan produknya secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan marketplace terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh digital marketing dan marketplace terhadap pendapatan pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Cirebon Kecamatan Kesambi. Penggunaan internet setiap saat selalu bertambah. Hal ini yang harus disadari oleh para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu media perdagangan yang saat ini sedang banyak diminati oleh pelaku UMKM untuk mendukung promosi penjualan serta penjualan yang dapat mencapai target ialah digital marketing, dan marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari sumber data primer. Populasi penelitian ini adalah para pelaku usaha mikro kecil menengah. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada responden dengan 78 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji korelasi parsial, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisiensi determinasi yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis variabel digital marketing (X1) berpengaruh positif terhadap pendapatan UMKM (Y). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3.343 > 1,983), variabel marketplace (X2) berpengaruh positf terhadap pendapatan UMKM (Y) dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05 dan nilai t- hitung lebih besar dari t-tabel (2.537 > 1,993). Variabel digital marketing (X1) dan marketplace (X2) terhadap pendapatan UMKM (Y) memiliki nilai signifikan sebesar <0,001 < 0,05 dan nilai koefisienn Adjusted R Square sebesar 0,424 atau 42,4%, jadi dapat disimpulkan bahwa secara bersama- sama variabel digital marketing (X1) dan marketplace (X2) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM (Y) yang artinya Ha diterima H0 ditolak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:26
Last Modified: 25 Jul 2025 06:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15750

Actions (login required)

View Item View Item