Koimatu Yaro, (2025) Implementasi Digital Koperasi Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Menuju Koperasi Moderen Pada Kpps Aims KC Cirebon. Bachelor thesis, S1- Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203028_1_cover.pdf Download (814kB) |
![]() |
Text
2108203028_2_bab1.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
2108203028_6_bab5.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
2108203028_7_dafpus.pdf Download (235kB) |
Abstract
Koperasi syariah di Indonesia terus berkembang, namun proses digitalisasi masih menghadapi berbagai tantangan, salah salah satunya adalah kurangnya pengetahuan anggota, terutama dari kalangan orang tua, terhadap penggunaan aplikasi AIMS Mobile. Minimnya literasi digital di kelompok usia ini menyebabkan kesulitan dalam mengakses layanan koperasi berbasis aplikasi, sehingga mereka masih bergantung pada metode manual dalam melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digitalisasi koperasi dalam meningkatkan kualitas layanan pada KSPPS AIMS KC Cirebon menuju koperasi modern. Digitalisasi menjadi kebutuhan utama untuk memperbaiki efisiensi operasional, mempercepat proses administrasi, dan menyediakan layanan yang lebih responsif bagi anggota. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk menentukan narasumber yang relevan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi selama penelitian di KSPPS AIMS cabang Cirebon. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi, penyajian data, dan verifikasi untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai implementasi teknologi digital di koperasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital di KSPPS AIMS berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan. Meskipun demikian, beberapa tantangan masih dihadapi, seperti kurangnya pembaruan teknologi dan rendahnya pemahaman sumber daya manusia terkait teknologi digital. Rekomendasi yang diajukan adalah pengembangan pelatihan SDM, pembaruan infrastruktur teknologi, dan penyediaan platform umpan balik pelanggan untuk memperkuat hubungan dengan anggota serta mendorong terciptanya koperasi modern yang kompetitif. Dengan demikian, digitalisasi koperasi dapat mendukung visi KSPPS AIMS sebagai koperasi modern yang efisien, inovatif, dan berorientasi pada kepuasan anggota.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Koperasi, Kualitas Layanan, Koperasi Modern |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 08:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |