Noval Nugraha, (2025) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Gen-Z Dalam Menggunakan Produk Tabungan Di BSI. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203050_1_cover.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
2108203050_2_bab1.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
2108203050_6_bab5.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
2108203050_7_dafpus.pdf Download (270kB) |
Abstract
Generasi Z, sebagai kelompok demografi yang tumbuh di era digital, memiliki karakteristik dan preferensi unik dalam mengelola keuangan mereka, termasuk dalam memilih produk tabungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan Gen Z dalam menggunakan produk tabungan di Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner sebagai instrumen utama pengumpulan data. Kuesioner dirancang untuk mengukur persepsi dan minat siswa terhadap produk tabungan BSI, serta mengevaluasi pengaruh faktor religiusitas, kualitas layanan, produk, dan lokasi. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasi hubungan antarvariabel dan menguji hipotesis penelitian. Pendekatan ini memungkinkan peneliti memperoleh data yang terukur, objektif, dan dapat diandalkan, sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai preferensi dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan siswa dalam memilih produk tabungan.. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Religiusitas memiliki nilai Thitung 3,586 > nilai Ttable 1,985, maka Ho1 di tolak dan Ha1 diterima, artinya terdapat pengaruh religiusitas terhadap minat menabung secara signifikan. Kualitas layanan memiiki nilai Thitung 5,169 > nilai Ttable 1,985, maka Ho1 di tolak dan Ha1 diterima, artinya terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap minat menabung secara signifikan.Produk memiliki nilai Thitung 0,954 < nilai Ttable 1,985, maka Ho1 di terima dan Ha1 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh produk terhadap minat menabung secara signifikan.Lokasi memiliki nilai Thitung -0,478 < nilai Ttable 1,985, maka Ho1 di terima dan Ha1 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh lokasi terhadap minat menabung secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | religiusitas, kualitas layanan, produk, lokasi, minat |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:56 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 03:56 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |