Pengaruh Promosi, Sosialisasi, Dan Media Sosial Terhadap Minat Menggunakan Transportasi Bus Rapid Transit (Brt) Trans Cirebon Di Kota Cirebon

Deanty Ramadina, (2025) Pengaruh Promosi, Sosialisasi, Dan Media Sosial Terhadap Minat Menggunakan Transportasi Bus Rapid Transit (Brt) Trans Cirebon Di Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204061_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108204061_2_bab1.pdf

Download (657kB)
[img] Text
2108204061_6_bab5.pdf

Download (473kB)
[img] Text
2108204061_7_dafpus.pdf

Download (474kB)

Abstract

Pengembangan sistem pembayaran digital di Indonesia semakin pesat seiring dengan kemajuan teknologi informasi, salah satunya melalui implementasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Peningkatan penggunaan QRIS tercatat mencapai Rp 42 trilun pada maret 2024, QRIS memungkinkan transaksi non-tunai yang lebih mudah dan efisien, termasuk dalam kegiatan sosial seperti infaq. Masjid Raya Baiturrohman di Jakarta Barat telah mengadopsi sistem pembayaran QRIS sejak 2022 untuk memudahkan donatur dalam memberikan sumbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan donatur dalam memberikan infaq melalui QRIS di Masjid Raya Baiturrohman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan pendekatan Explanatory Research dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan di Masjid Raya Baiturrohman, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, dengan total populasi sebanyak 42 donatur yang memberikan infaq melalui QRIS pada periode 7 Oktober 2022 hingga 22 Desember 2023. Sampel penelitian ini diambil menggunakan metode sensus, dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, yaitu 42 donatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan langsung kepada responden, yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 30. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepercayaan (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan donatur (Y). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai signifikan 0,891 > 0,05 dan nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel (-(0,138 < 2,024), variabel kemudahan (X2) berpengaruh terhadap keputusan donatur (Y), dibuktikan nilai signifikan 0,003 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,139 > 2,024), variabel keamanan (X3) tidak berpengaruh terhadap keputusan donatur (Y), dibuktikan nilai signifikan 0,069 > 0,05 dan nilai t-hitung lebih kecil dari t-tabel (1,874 < 2,024). Variabel kepercayaan (X1), kemudahan (X2), dan keamanan (X3) terhadap keputusan donatur (Y) memiliki nilai signifikan sebesar 0,0001 < 0,05 dan nilai koefisien Adjusted R Square sebesar 0,492 atau 49,2%, jadi dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel kepercayaan,kemudahan dan keamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan donatur (Y) yang artinya Ha diterima H0 ditolak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:14
Last Modified: 28 Jul 2025 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15869

Actions (login required)

View Item View Item