SOPIYATUL PARIDA, (2025) PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN I BEBER. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
1808306106_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1808306106_2_bab1.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
1808306106_6_bab5.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
1808306106_7_dafpus.pdf Download (98kB) |
Abstract
Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Penguatan Positif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN I Beber Motivasi adalah suatu daya atau kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau tindakan, dorongan itu dapat timbul dari dalam maupun dari luar diri individu. Motivasi dalam kegiatan belajar merupakan suatu daya yang mendorong individu untuk melakukan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tercapai satu tujuan yang diinginkan. Motivasi belajar merupakan faktor kunci yang mempengaruhi prestasi dan perkembangan pribadi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil motivasi belajar siswa di SMPN I Beber, mendeskripsikan rangkaian layanan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif pada siswa di SMPN I Beber, serta mendeskripsikan hasil konseling behavioral dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN I Beber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru BK, wali kelas dan siswa SMPN I Beber. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif yang telah dilaksanakan oleh guru BK di SMPN I Beber cukup mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, hari demi hari siswa sudah mulai mengerti apa yang harus dilakukannya dalam belajar dan faham dengan tugasnya sebagai siswa walaupun perubahan siswa tidak langsung terlihat setelah diberikan layanan konseling.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:09 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |