Pengaruh Modal Usaha Dan Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Di Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka

Rahma Nurhaliza, (2025) Pengaruh Modal Usaha Dan Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Di Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108205137_1_cover.pdf

Download (957kB)
[img] Text
2108205137_2_bab1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
2108205137_6_bab5.pdf

Download (216kB)
[img] Text
2108205137_7_dafpus.pdf

Download (356kB)

Abstract

Usaha mikro memegang peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Keberhasilan suatu usaha sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, diantaranya ketersediaan modal dan pemanfaatan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha dan digital marketing terhadap pendapatan pelaku usaha mikro di Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu pelaku usaha mikro di Kecamatan Maja yang terdiri dari 98 unit usaha. Data yang dikumpulkan berasal dari data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Selanjutnya, data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan teknik statistik, yang mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, serta analisis koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif modal usaha secara parsial terhadap pendapatan pelaku usaha mikro di Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin besar modal usaha yang digunakan, semakin besar potensi pendapatan yang diperoleh. Selain itu, digital marketing secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku usaha mikro di Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing dapat menjangkau konsumen secara lebih luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan yang diperoleh. Secara simultan, modal usaha dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku usaha mikro di Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan modal besar yang disertai dengan pemanfaatan platform digital dalam pemasarannya, pelaku usaha mikro dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan efisiensi penjualan, sehingga akan berdampak pada pendapatan yang diperoleh.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modal Usaha, Digital Marketing, Pendapatan iii
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:10
Last Modified: 31 Jul 2025 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item