DEWI MURTHOSIYAH, (2025) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMP NU LEMAHABANG. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306211_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108306211_2_bab1.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
2108306211_6_bab5.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
2108306211_7_dafpus.pdf Download (241kB) |
Abstract
Tanggung Jawab belajar sudah seharusnya tertanam dalam diri masing-masing siswa. Pada realitanya, masih banyak siswa yang memiliki tanggung jawab belajar rendah. Seperti siswa kelas VIII SMP NU Lemahabang, yaitu siswa malas dalam proses pembelajaran, sering menunda mengerjakan tugas, membolos, terlambat masuk sekolah, yang mencerminkan tanggung jawab belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik self management, mengetahui gambaran tanggung jawab belajar siswa SMP NU Lemahabang, menganalisis penerapan teknik self management melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP NU Lemahabang, dan mengidentifikasi hambatan yang terjadi dalam penerapan teknik self management melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP NU Lemahabang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitannya adalah satu guru BK dan 5 siswa yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan metode membangun kedekatan emosional kepada responden yang menjadi sumber data dalam penelitian. Adapun hasil penelitian ini yaitu, pertama penerapan teknik self management melalui bimbingan kelompok mampu meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP NU Lemahabang, baik dari aspek ketekunan, kemandirian, dan sikap positif. Teknik self management terdiri dari 4 langkah, di antaranya (a) Self Monitoring (b). Stimulus-Control (c). Self Reward d). Self as Model. Kedua, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan teknik self manajement dalam bimbingan kelompok ini adalah yaitu: (1) faktor pendukungnya adalah anggota kelompok merasa senang dan nyaman dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan serta fasilitas-fasilitas yang memadai. (2) faktor penghambatnya adalah kurangnya suasana kondusif yang menyebabkan materi layanan bimbingan kelompok tidak tersampaikan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:38 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |