STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM RADAR CIREBON DALAM MENANGKAL BERITA HOAX

M. RAIHAN, (2025) STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM RADAR CIREBON DALAM MENANGKAL BERITA HOAX. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2008302159_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008302159_2_bab1.pdf

Download (855kB)
[img] Text
2008302159_6_bab5.pdf

Download (635kB)
[img] Text
2008302159_7_dafpus.pdf

Download (637kB)

Abstract

Di era digital ini, perkembangan media sosial yang begitu pesat, memang memudahkan kita dalam berkomunikasi, namun disisi lain munculnya berita bohong atau hoax telah banyak membersamai bagi setiap orang khususnya pengguna Instagram sendiri. Kebebasan personal dalam menyampaikan ide, kritik, saran dan bahkan “hujatan” sering dijumpai setiap jam dan hari melalui berbagai varian media yang digunakan. Kemudahan yang ditawarkan dalam penyampaian informasi kepada publik yang disediakan dan dimediakan dalam jaringan membuat informasi atau berita tidak dapat difilter dangan baik dan membuat masyarakat resah dalam mengkonsumsi berita tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji tentang strategi yang dilakukan Radar Cirebon dalam menangkal berita hoax melalui media sosial Instagram. Adapun pertanyaan penelitiannya adalah : (1) Bagaimana strategi media sosial Instagram Radar Cirebon dalam menangkal berita hoax. (2) Apa faktor penghambat dan pendukung Instagram Radar Cirebon dalam menangkal berita hoax. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk memahami bagaimana strategi Instagram Radar Cirebon dalam menangkal berita hoax. (2) Untuk memahami apa faktor penghambat dan faktor pendukung Radar Cirebon dalam menagkal berita hoax. Penilitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melalui pendekatan studi kasus, sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknin wawancara semi terstuktur, observasi dan dokumentasi. Maka analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : strategi yang dilakukan menggunakan sistem clearing house information yaitu dengan memverifikasi data dan informasi kepada orang-orang yang terlibat, double cheking di internet dan pihak eksternal, dan mengelola konten Instagram Radar Cirebon. Adapun faktor penghambat yaitu susahnya akses informasi, kurangnya SDM dalam hal informasi, dari sisi narasumbernya tidak mau terbuka, kemudian pengambilan data pemerintah belum semua instansi terbuka dengan menyodorkan data-data publik, serta ada beberapa orang yang mempunyai pandangan negative ke wartawan. Sedangkan faktor pendukung, adanya data-data resmi dari narasumber yaitu dari pihak otoritas, kepolisian, instansi pemerintahan serta partisipasi masyarakat, mempunyai tim yang kompeten dan berkualitas serta mempunyai banyak pengalaman di lapangan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2025 07:08
Last Modified: 01 Aug 2025 07:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16423

Actions (login required)

View Item View Item