STRATEGI HUMAS POLRES BREBES DALAM MENINGKATKAN CITRA KEPERCAYAAN MASYARAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL

Farhan Al Farizi, (2025) STRATEGI HUMAS POLRES BREBES DALAM MENINGKATKAN CITRA KEPERCAYAAN MASYARAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2108302104_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108302104_2_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108302104_6_bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108302104_7_dafpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pada dasarnya suatu perencanaan dan manajemen dalam proses menyampaikan pesan kepada penerima, tujuannya untuk dapat mencapai suatu tujuan bersama. Humas Polres Brebes merupakan salah satu pendukung untuk dapat memberikan informasi kepada publik, sehingga dapat memberikan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian Resor Brebes. Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Humas Polres Brebes memiliki dampak yang positif, oleh karena itu humas memiliki peranan penting dalam suatu organisasi terkhusus institusi kepolisian untuk dapat menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak baik itu internal dan eksternal, yang mana dalam proses perencanaan tentunya komunikasi akan saling berhubungan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui suatu strategi Humas Polres Brebes dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan menjaga serta membangun citra Polres Brebes melalui media sosial dan tentunya melihat tantangan dalam mengelola media. Adapun landasan teori penelitian ini adalah suatu strategi komunikasi organisasi Humas Polres Brebes dalam meningkatkan citra kepercayaan masyarakat melalui media sosial, yang lebih lanjutnya pada teori ini berhubungan atau berkaitan dengan teori komunikasi informatif dan teori komunikasi organisasi hubungan manusiawi. Pada metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan secara deskriptif yang mana dalam pendekatanya menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua sumber data yaitu primer yang dimulai dari proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data berikutnya sekunder yaitu peneliti menggunakan data dari buku, jurnal, arsip-arsip, struktur organisasi, dokumen, penelitian terdahulu dan sebuah internet yang tentunya berhubungan dengan strategi komunikasi organisasi. Hasil penelitian ini bahwa Humas Polres Brebes dalam menerapkan strategi untuk mendapatkan kepercayaan, citra dan tantangan yang dihadapi Humas Polres Brebes kepada masyarakat mulai dari meningkatkan soft skill personil kepolisian, melakukan kolaborasi dengan berbagai media luar, dan meningkatkan kecepatan dalam merespon. Sedangkan dalam strategi untuk meningkatkan citra polisi mulai dari melaksanakan komunikasi dua arah, mengikuti perkembangan zaman dan meningkatkan di media sosial, serta tentunya memiliki suatu tantangan dalam mengelola media sosial yang harus dihadapi oleh Humas Polres Brebes. Maka dari itu pada strategi komunikasi yang dijalankan memiliki efek positif dan tentunya efektif untuk mendapatkan hati masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:23
Last Modified: 05 Aug 2025 02:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16525

Actions (login required)

View Item View Item