Keefektifan Metode Inkuiri Pada Materi Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sumber

Umi Ani, (2025) Keefektifan Metode Inkuiri Pada Materi Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sumber. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
1808110116_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1808110116_2_bab1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
1808110116_6_bab5.pdf

Download (144kB)
[img] Text
1808110116_7_dafpus.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah. Selain itu, kemampuan belajar siswa dalam materi teks berita masih rendah, siswa masih belum paham terkait materi teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan keefektifan metode pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi teks berita kelas VIII di SMP Negeri 3 Sumber. Penelitian ini berangkat dari kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran abad ke-21 yang menuntut keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi siswa. Metode inkuiri dipilih karena berpusat pada siswa dan mendorong mereka aktif dalam membangun pengetahuan melalui proses eksplorasi dan diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa keals VIII SMP Negeri 3 Sumber, sedangkan sampel penelitian terdiri kelas VIII D yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen yang menerapkan metode inkuiri dan kelas VIII B berjumlah 25 siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji-t paired sample test dan independent sample test untuk mengukur signifikansi perbedaan hasil belajar antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan t-hitung (23,917) lebih besar dari t-tabel (2,056) pada uji-t paired sample test. Selain itu, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 87,96 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 51,30. Temuan ini menunjukkan bahwa metode inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks berita.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: inkuiri, hasil belajar, teks berita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:18
Last Modified: 05 Aug 2025 03:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16543

Actions (login required)

View Item View Item