Rena Nurfadillah, (2025) Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Animasi Terhadap Peningkatan Literasi Matematis Pada Siswa Kelas III SDN Parung. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2008107043_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2008107043_2_bab1.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
2008107043_6_bab5.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
2008107043_7_dafpus.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan model Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media animasi dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas III SDN Parung. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media animasi terhadap kemampuan literasi matematis siswa, (2) Mendeskripsikan kemampuan literasi matematis setelah mendapatkan penerapan model Realistic Mathematics Eduucation (RME) berbantuan media animasi, (3) membandingkan hasil belajar literasi matematis antara siswa yang menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media animasi dan siswa yang menggunakan metode konvensional. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan pretest posttest control group desain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sisswa SDN Parung kelas III sebanyak 54. Sampel yang dipilih kelas 3A sebanyak 27 siswa dan kelas 3B sebanyak 27 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan literasi matematis siswa memperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,22 memperlihatkan rata-rata yang lebih besar dari pada kelas kontrol sebesar 74,89. Hasil rata-rata tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan literasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model RME, Media Animasi, Literasi Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:53 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |