Kholisah, (2025) STRATEGI KOMUNIKASI FUNDRAISING DALAM MENCARI DONATUR PADA LEMBAGA SOSIAL YAYASAN AMANAH UMAT MUSLIMIN (YAUM) CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302148_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108302148_2_bab1.pdf Download (865kB) |
![]() |
Text
2108302148_6_bab5.pdf Download (820kB) |
![]() |
Text
2108302148_7_dafpus.pdf Download (835kB) |
Abstract
Komunikasi yang efektif menjadi elemen penting dalam keberhasilan program fundraising lembaga sosial. Yayasan Amanah Umat Muslimin (YAUM) Cirebon sebagai lembaga sosial yang bergerak di bidang zakat, infak, dan sedekah, sangat bergantung pada dukungan para donatur untuk mendukung keberlangsungan program-programnya. Di tengah persaingan antar lembaga sosial yang semakin kompetitif, strategi komunikasi menjadi aspek kunci untuk menarik dan mempertahankan donatur secara berkelanjutan. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi bagaimana strategi komunikasi fundraising yang diterapkan oleh YAUM Cirebon dalam mencari donatur, apa saja faktor pendukung keberhasilan strategi tersebut, serta bagaimana lembaga menghadapi hambatan dalam komunikasi dengan donatur, terutama ketika muncul persepsi negatif dari publik atau isu ketidakpercayaan terhadap Lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi fundraising yang diterapkan YAUM Cirebon dalam mencari donatur, menganalisis faktor�faktor pendukung keberhasilan komunikasi tersebut, serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dan bagaimana solusi yang diterapkan oleh lembaga untuk menjaga kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dengan pihak internal YAUM, serta dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YAUM menerapkan strategi komunikasi fundraising melalui tahapan mengenali khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan, dan menetapkan metode komunikasi. Strategi dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu direct fundraising dan digital fundraising. Keberhasilan strategi ini didukung oleh faktor komunikasi personal, konten internal lembaga, dan penggunaan media sosial. Sementara hambatan yang dihadapi adalah keterbatasan keterampilan komunikasi, lemahnya branding, dan miskomunikasi. Lembaga mengatasi hal tersebut dengan komunikasi terbuka dan pelaporan transparan. Strategi ini berhasil meningkatkan efektivitas penggalangan dana dan memperkuat hubungan dengan donatur.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:52 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |