Sinta Solehah, (2025) IMPLEMENTASI MODUL AJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108107005_1_cover.pdf Download (721kB) |
![]() |
Text
2108107005_2_bab1.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
2108107005_6_bab5.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
2108107005_7_dafpus.pdf Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak sekali hal yang mengharuskan guru untuk belajar lagi, salah satunya yaitu dalam menguasai perangkat ajar seperti modul ajar sebagai perangkat pembelajaran yang dalam kurikulum 2013 merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk menentukan setiap kegiatan pembelajaran seperti pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi pada pertemuan materi pembelajaran sistem pencernaan manusia. Modul ajar bukan hanya untuk menentukan kegiatan pembelajaran saja namun menentukan dari hasil belajar dari peserta didik di kelas 5D MI Al Washliyah Perbutulan. Penelitian yang digunakan ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dengan desain yang meliputi Identifikasi masalah, penelusuran pustaka, tujuan penelitian, pengumpulan data, analisis dan interpretasi data, serta pelaporan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kepada guru dan peserta didik, wawancara kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan peserta didik, dokumentasi berupa foto, video ataupun dokumen berupa data hasil belajar peserta didik, data sekolah serta hal lainnya mengenai modul ajar dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dan wawancara mengenai implementasi modul ajar dalam kurikulum merdeka di kelas 5D pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan pada manusia berjalan dengan cukup baik. Guru kelas 5D mengimplementasikan modul ajar sesuai arahan kepala sekolah diberi kebebasan yang diawali menyusun modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, kemudian menentukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar peserta didik secara keseluruhan sudah terdapat beberapa banyak peserta didik yang memperoleh nilai yang cukup baik di atas kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil dokumen mengenai hasil belajar peserta didik di kelas 5D pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia dengan menggunakan asesmen atau penilaian lembar kerja peserta didik dan evaluasi pembelajaran. Hasil yang di peroleh seluruh peserta didik kelas 5D sudah baik diatas kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil wawancara faktor yang mempengaruhi implementasi modul ajar di kelas 5D dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat, baik dari diri peserta didik, keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Faktor tersebut berpengaruh pada semangat belajar dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul ajar, hasil belajar, Kelas 5D. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |