Siti Nur Azizah, (2025) Keefektifan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Keterampilan Membaca dan Menulis Cerita Fiksi di Kelas VIII MTs Negeri 11 Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110012_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108110012_2_bab1.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
2108110012_6_bab5.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
2108110012_7_dafpus.pdf Download (270kB) |
Abstract
Dalam konteks pendidikan, keterampilan membaca dan menulis menjadi fondasi bagi pembelajaran di berbagai mata pelajaran. Di beberapa sekolah masih terdapat siswa yang kesulitan dalam membaca pemahaman sebuah teks dan menulis sebuah teks. Hal tersebut terjadi karena rendahnya minat membaca siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan sebuah pendekatan, metode, atau model yang sesuai dengan konteks pembelajaran. Jadi, penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca pemahaman dan menulis cerita fiksi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 11 Cirebon. Selain itu untuk mendeskripsikan keefektifan model CIRC Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada keterampilan membaca pemahaman dan menulis ulang cerita fiksi di kelas VIII MTs Negeri 11 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTs Negeri 11 Cirebon. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan B sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan teknik tes. Berdasarkan analisis statistik yang dilakukan, pembelajaran model CIRC efektif digunakan dalam pembelajaran kemampuan membaca pemahaman dan menulis ulang cerita fiksi. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan dan hasil perhitungan uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai Asymp Sig. (2-Tailed) yaitu sebesar 0,000, yang artinya lebih rendah dari 0,05 baik dalam keterampilan membaca pemahaman maupun keterampilan menulis ulang cerita fiksi. Hal tersebut yang berarti dapat disimpulkan model CIRC efektif. Model pembelajaran CIRC pada keterampilan membaca pemahaman cerita fiksi lebih efektif dan unggul daripada keterampilan menulis ulang ceritta fiksi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model CIRC, keterampilan membaca pemahaman, keterampilan menulis, cerita fiksi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |