Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII MTs AL HIDAYAH GUPPI

Maulana Ichsan, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII MTs AL HIDAYAH GUPPI. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110017_1_cover.pdf

Download (592kB)
[img] Text
2108110017_2_bab1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
2108110017_6_bab5.pdf

Download (355kB)
[img] Text
2108110017_7_dafpus.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII MTs Al Hidayah Guppi, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Al Hidayah Guppi, (3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII MTs Al Hidayah Guppi. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan desain korelasional berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Bertempat di MTs Al Hidayah Guppi. Adapun populasi dalam riset ini yakni siswa kelas VIII A dan B sejumlah 44, sementara yang menjadi sampel yaitu siswa kelas VIII A berjumlah 23 murid. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan tes. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dengan menilai hasil menulis teks persuasi siswa berdasarkan empat aspek dalam kriteria penilaian. Hasilnya dari 18 siswa yang menulis teks persuasi berupa essay, dinilai berdasarkan empat aspek kriteria menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Maka instrumen soal berupa essay valid. Sementara itu, soal essay yang sudah valid di uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Hasilnya diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,612 yang berarti instrumen reliabel. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan uji homogenitas menerapkan Levene Statistic, serta uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan menulis siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rerata pretest yaitu 64,34 menjadi 74,56 saat posttest. Selain itu, juga terlihat dari hasil uji t dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen (model pembelajaran jigsaw) dapat berpengaruh terhadap variabel dependen (kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII). Peserta didik diharapkan lebih berlatih secara rutin dalam menulis teks persuasi agar tidak merasa kesulitan dalam menuangkan gagasannya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: menulis, model pembelajaran jigsaw, teks persuasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:32
Last Modified: 06 Aug 2025 06:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16622

Actions (login required)

View Item View Item