Pengaruh pendekatan saintifik Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Plered

Cicih Nurjanah, (2025) Pengaruh pendekatan saintifik Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Plered. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110028_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108110028_2_bab1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2108110028_6_bab5.pdf

Download (163kB)
[img] Text
2108110028_7_dafpus.pdf

Download (214kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Plered. Masalah utama dalam penelitian ini ialah rendahnya keterampilan menulis siswa, khususnya dalam mengembangkan gagasan saat menulis teks eksplanasi. Pendekatan saintifik yang digunakan yaitu tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan, serta didukung oleh media gambar untuk merangsang ide dan meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif desain kuasi eksperimen desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri atas 28 siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Plered tahun 2024/2025 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan uji statistik parametrik. Hasilnya mengindikasikan bahwa penelitian mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa sesudah diterapkan pendekatan saintifik berbantuan media gambar. Rata-rata nilai pretest sebesar 46,86% meningkat menjadi 79,46% pada posttest, dengan selisih sebesar 32,6%. Peningkatan juga terlihat pada setiap aspek penilaian, yaitu: aspek isi meningkat dari 14,64 menjadi 23,57 (dari 30), aspek organisasi dari 9,64 menjadi 15,35 (dari 20), aspek kosakata dari 9,11 menjadi 15,00 (dari 20), aspek kalimat dari 8,82 menjadi 14,28 (dari 20), dan aspek mekanisme dari 4,64 menjadi 7,89 (dari 10). Hasil uji hipotesis berdasarkan uji regresi linear sederhana dan uji F menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari pendekatan saintifik berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Dengan demikian, metode ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menyusun teks eksplanasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, media gambar, pendekatan saintifik, dan teks eksplanasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:59
Last Modified: 06 Aug 2025 06:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16628

Actions (login required)

View Item View Item