Keefektifan Model Project-Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Di Kelas X MAN 2 Kota Cirebon.

Uli Afifah, (2025) Keefektifan Model Project-Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Di Kelas X MAN 2 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110058_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108110058_2_bab1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2108110058_6_bab5.pdf

Download (56kB)
[img] Text
2108110058_7_dafpus.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membuktikan keefektifan model Project-Based Learning dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X MAN 2 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Two-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kota Cirebon dengan jumlah 265, dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal. Teknik analisis data menggunakan program komputer dengan berbantuan SPSS 22. Uji validitas data menggunakan Expert Judgement, reliabilitas menghasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,625 > 0,05. Hasil uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menghasilkan nilai signifikansi pretest eksperimen sebesar 0,347 > 0,05. Nilai signifikansi posttest kelas eksperimen sebesar 0,081 > 0,05. Nilai signifikansi pretest kelas kontrol sebesar 0,544 > 0,05. Nilai signifikansi posttest kelas kontrol sebesar 0,062 > 0,05. Uji homogenitas nilai pretest eksperimen dan kontrol sebesar 0,612 > 0,05. Uji homogenitas nilai posttest kelas esperimen dan kontrol sebesar 0,515 > 0,05. Nilai N-Gain score pada kelas eksperimen sebesar 61,6901 dan pada kelas kontrol sebesar 45,2315 kedua kelas tersebut memiliki keseimbangan yang sedang. Hasil penelitian menunjukkn bahwa: (1) gambaran pembelajaran teks negosiasi di kelas X MAN 2 Kota Cirebon meningkat dari tahap pretest ke posttest dibuktikan dengan hasil mean yakni kelas eksperimen (54,55) > kelas kontrol (54,42). (2) penerapan model Project-Based Learning dibuktikan dalam lembar observasi terdapat 7 aspek dengan kategori SB (sangat baik) dan 7 aspek dengan kategori B (Baik). (3) keefektifan model Project-Based Learning dibuktikan oleh hasil uji hipotesis Independent Sampel Test sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model Project-Based Learning efektif digunakan dalam pembelajaran teks negosiasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model PjBL, Teks Negosiasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:16
Last Modified: 07 Aug 2025 01:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item