ASUSI, (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
1808106126_1_cover.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
1808106126_2_bab1.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
1808106126_6_bab5.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
1808106126_7_dafpus.pdf Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Suranenggala yang dilatarbelakangi oleh guru belum pernah mengembangkan video animasi pada ekosistem dengan bahan ajar yang bervariasi. Bahan ajar yang pernah digunakan oleh guru adalah power point dan sangat jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi bahan ajar berbasis video animasi pada materi ekosistem dan untuk mengetahui bagaimana kelayakan terhadap pengembangan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini terdiri dari observasi, angket validasi ahli, dokumentasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, instrumen lembar validasi ahli dan respon peserta didik yang digunakan untuk mendapatkan saran dan mengukur validitas terhadap produk yang telah dikembangkan yang dinilai oleh tim validator yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, hasil validasi ahli, data analisis butir soal dan data uji hipotesis. Data yang telah diperoleh melalui instrumen angket validasi ahli menggunakan rumus formula atau Teknik Gregory kemudian dideskripsikan. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar berbasis video animasi yang telah dikembangkan oleh kedua tim validator, diperoleh koefisien validitas 1,00 dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji butir soal yaitu 7 soal dinyatakan valid. Hasil uji statistik yaitu pada uji normalitas berdistribusi normal, uji N-Gain cukup efektif, uji homogenitas bersifat homogen dan uji T ada perbedaan yang signifikan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis video animasi sudah dikategori layak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Animasi, Ekosistem |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:40 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |