PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON

Virna Amaliana, (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108101091_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108101091_2_bab1.pdf

Download (424kB)
[img] Text
2108101091_6_bab5.pdf

Download (368kB)
[img] Text
2108101091_7_dafpus.pdf

Download (292kB)

Abstract

Media sosial TikTok telah menjadi platform yang sangat populer di kalangan mahasiswa, termasuk mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam. Fenomena ini memunculkan pertanyaan mengenai dampaknya terhadap etika komunikasi mereka. Latar belakang penelitian ini didasari oleh observasi awal yang menunjukkan adanya potensi pergeseran norma dan nilai etika komunikasi seiring dengan intensitas penggunaan TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap etika komunikasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis desain penelitian ex post facto. Populasinya pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam semester VI angkatan 2022 yang berjumlah 138 mahasiswa. Menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampelnya 58 mahasiswa. Tehnik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Semua instrumen telah memenuhi syarat sebagai syarat pengukuran, karena telah di uji cobakan sehingga telah memenuhi syarat uji validitas menggunakan pearson product moment dan reliabilitas menggunakan Alpha cronbach, serta telah lulus uji prasyarat. Analisis data menggunakan uji-T dan persentase besar pengaruh menggunakan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Intensitas penggunaan media sosial TikTok diperoleh sebesar 82,7% berada pada interval 80% - 100% yang menunjukkan kategori sangat tinggi. 2). Etika komunikasi mahasiswa diperoleh sebesar 80,4% berada pada interval 80% - 100% yang menunjukkan kategori sangat tinggi. 3). Terdapat pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap etika komunikasi mahasiswa semester VI Angkatan 2022 Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar sebesar 12.114 dari t tabel sebesar 2,003, sehingga perbandingan t hitung dengan t tabel menunjukkan hasil 12.114 > 2,003, dan koefisien determinasi yang menunjukkan pengaruh media sosial TikTok sebesar 85,1%. Pada uji t menunjukkan bahwa nilai signifikannya sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media sosial TikTok terhadap etika komunikasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial TikTok, Etika Komunikasi Mahasiswa PAI, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:04
Last Modified: 07 Aug 2025 07:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16772

Actions (login required)

View Item View Item