SOFIATUL HASANAH, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN WEBSITE PADLET TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN XI MAN 1 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108106001_1_cover.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
2108106001_2_bab1.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
2108106001_6_bab5.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
2108106001_7_dafpus.pdf Download (278kB) |
Abstract
Salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran biologi pada abad 21 ialah keterampilan berpikir kritis siswa yaitu interpretasi, Analisis, Evaluasi, menyimpulkan, Eksplanasi, dan Regulasi diri. Namun keterampilan berpikir kritis ini masih rendah pada siswa kelas XI di MAN 1 Kabupaten Cirebon terutama pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran inquiry pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Kelas XI di MAN 1 Kabupaten Cirebon, (2) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menerapkan model pembelajaran inquiry berbantuan website padlet dengan yang tidak menerapkan model pembelajaran inquiry berbantuan website padlet pada materi pertumbuhan, dan perkembangan tumbuhan. Kelas XI di MAN 1 Kabupaten Cirebon, (3) menganalisis respon siswa melalui penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan website padlet pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Kelas XI di MAN 1 Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penerapan model pembelajaran (Applied Research) dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI yang dipilih melalui purposive sampling, dengan masing-masing berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes keterampilan berpikir kritis siswa dan angket afektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, (2) penerapan model pembelajaran inquiry pada kelas yang diterapkan (eksperimen) berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan kelas yang tidak diterapkan (kontrol) berdasarkan uji N-Gain, (3) terdapat peningkatan ranah efektif setelah diterapkan model pembelajaran sehingga meningkatakan minat siswa, respon siswa serta kepedulian siswa terhadap pengaplikasian materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan ini terhadap lingkungan sekitar. Faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran inquiry ini ialah adanya website padlet yang mempermudah pengamatan siswa selama penanaman tumbuhan. Penelitian ini menunjukkan bahawa penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan website padlet dapat menjadikan solusi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran inquiry, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:13 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |