Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Aplikasi Tiktok Terhadap Kreativitas Siswa Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan di SMAN 1 Ciawigebang

Elis Lisnawati, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Aplikasi Tiktok Terhadap Kreativitas Siswa Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan di SMAN 1 Ciawigebang. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106011_1_cover.pdf

Download (614kB)
[img] Text
2108106011_2_bab1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2108106011_6_bab5.pdf

Download (178kB)
[img] Text
2108106011_7_dafpus.pdf

Download (236kB)

Abstract

Model pembelajaran PjBL berbasis TikTok menawarkan potensi yang besar untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam konteks pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan kreativitas dan aktivitas siswa dalam pembuatan video edukatif berbasis TikTok bertema lingkungan di kelas X SMAN 1 Ciawigebang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Data diperoleh melalui penilaian produk video dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi dalam kategori kreativitas, dengan mayoritas kelompok berada pada kategori “sangat kreatif”. Penerapan Project Based Learning terbukti efektif dalam membangun keterampilan siswa, khususnya dalam konteks berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi yang terintegrasi melalui tugas proyek berbasis video perubahan lingkungan nilai rata-rata kreativitas siswa pada kelas eksperimen adalah 87,80 dan nilai rata rata kreativitas pada kelas kontrol adalah 64,60. Aktivitas siswa juga meningkat secara signifikan, ditunjukkan melalui keterlibatan aktif dalam diskusi, perencanaan proyek, produksi video, hingga presentasi hasil. Respon siswa terhadap pembelajaran PjBL sangat positif karena pendekatan ini memberikan kebebasan dalam mengeksplorasi ide, mendorong kerja sama, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Kesimpulannya, model PjBL efektif dalam meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa, serta relevan diterapkan dalam pembelajaran berbasis proyek digital di era pembelajaran abad ke-21.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:36
Last Modified: 07 Aug 2025 07:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16786

Actions (login required)

View Item View Item