MPLIKASI NILAI PLURALISME DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 16 Kota Cirebon).

AFIFAH AINIYAH, (2025) MPLIKASI NILAI PLURALISME DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 16 Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101014_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108101014_2_bab1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
2108101014_6_bab5.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2108101014_7_dafpus.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi SMPN 16 Kota Cirebon, yang memiliki siswa dengan latar belakang agama yang beragam. Sekolah ini menerapkan pemisahan kegiatan Pendidikan Agama Islam (PAI) antara siswa Muslim dan non-Muslim, sehingga internalisasi sikap toleransi di kalangan siswa menjadi sangat penting dalam penanaman nilai pluralisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai pluralisme, karakter toleransi siswa, serta implikasi nilai pluralisme dalam membentuk karakter toleransi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif, berfokus pada siswa kelas VII D, VIII C, VIII E, VIII F, IX E, IX G, IX H, dan guru PAI sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai pluralisme dalam membentuk karakter toleransi siswa terbukti melalui beberapa aspek, seperti kebebasan dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), keadilan dalam kebijakan sekolah, siswa non-Muslim tetap belajar agama pada hari Jumat di lembaga yang telah disediakan, serta nilai saling menghormati tanpa adanya diskriminasi. Hal ini berkontribusi pada pembentukan karakter toleransi siswa, yang mencakup penghargaan terhadap perbedaan, sikap empati, ketidakpilihan kasih, serta tidak mengganggu teman yang sedang belajar dan tidak saling mengejek agama. Di SMPN 16 Kota Cirebon, implikasi nilai pluralisme telah berhasil membentuk sikap toleransi, di mana semua guru, termasuk guru non-muslim yang memimpin doa Kristen, terlibat aktif dalam penanaman nilai pluralisme tersebut. Kesimpulan dalam penerapan nilai pluralisme pembelajaran PAI di SMPN 16 Kota Cirebon telah membentuk karakter toleransi siswa, sehingga mampu terhindar dari perselisihan dan toleransi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pluralisme, Toleransi, Pendidikan Agama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:46
Last Modified: 07 Aug 2025 07:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16795

Actions (login required)

View Item View Item