Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Melalui Media Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI Sma 8 Cirebon

Arbi Ferdiansyah, (2025) Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Melalui Media Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI Sma 8 Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106025_1_cover.pdf

Download (417kB)
[img] Text
2108106025_2_bab1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
2108106025_6_bab5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
2108106025_7_dafpus.pdf

Download (342kB)

Abstract

PBL (Problem Based Learning) merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah terintergrasi dengan media flipped classtoom. Flipped classroom merupakan satu media yang terjadi di luar ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan PBL (Problem Based Learning) melalui media pembelajaran Flipped Classroom berbantuan aplikasi Sevima Edlink dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Flipped Classroom berbantuan Sevima Edlink dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta keterampilan berpikir kritis mereka. Analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang ditunjukkan oleh hasil uji statistik N-Gain dan t-test. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Sevima Edlink dalam pembelajaran sangat positif, di mana siswa merasa lebih termotivasi, aktif, dan memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi sistem ekskresi. Dengan demikian, penerapan model PBL (Problem Based Learning) melalui Flipped Classroom berbantuan Sevima Edlink dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya dalam pembelajaran biologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Flipped Classroom , Sevima Edlink, keterampilan berpikir kritis, sistem ekskresi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:47
Last Modified: 07 Aug 2025 07:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item