FINA DURROTUN NA’MAUS SHOLIHAH, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADAPTING SEARCHING INTERPRETING CREATING AND COMMUNICATING (ASICC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMAN 1 SUSUKAN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108106085_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108106085_2_bab1.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
2108106085_6_bab5.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
2108106085_7_dafpus.pdf Download (215kB) |
Abstract
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu kompetensi esensial yang harus dimiliki oleh peserta didik di era globalisasi, selaras dengan hal ini pendidikan abad ke-21 juga menekankan keterampilan 4C. Kenyataanya kemampuan berkolaborasi peserta didik khususnya kelas X di SMAN 1 Susukan terbilang rendah, hal ini dapat terjadi karena siswa kurang terbiasa dengan kegiatan pembelajaran yang berbasis bekerja sama. Tujuan dalam penelitian ini untuk: (1) menganalisis perbedaan keterampilan kolaborasi peserta didik yang menerapkan model pembelajaran ASICC dan yang tidak menerapkan model tersebut; (2) menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran ASICC dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik; (3) mendeskripsikan respon peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran ASICC. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Kuasi-eksperimen. Desain penelitian eksperimen semu yang digunakan adalah Non-equivalent control group design, penelitian ini dilakukan pada kelas X SMAN 1 Susukan dengan sampel penelitian kelas XC dan Kelas XE. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Faktor yang mendukung penerapan model ASICC ini meliputi, potensi pengajar, fasilitas sekolah dan kurikulum. Adapun faktor penghambat dalam penerapan model ASICC ini yaitu, alokasi waktu, gaya belajar, minat dan motivasi belajar siswa, potensi guru dan lingkungan peserta didik. Respon peserta didik terkait penerapan model ASICC dalam kriteria baik. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan ASICC memberikan respon positif dalam keterlibatan dan kolaborasi peserta didik secara signifikan apabila diterapkan dengan konsisten, meskipun masih terdapat hambatan dalam penerapanya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adapting.Searching, Interpreting, Creating and Communicating (ASICC), keterampilan kolaborasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:40 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |