Laela Amaliah Putri, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN ELKPD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAMBIL KEPUTUSAN SISWA SMAN 1 BEBER. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.
![]() |
Text
2108106086_1_cover.pdf Download (773kB) |
![]() |
Text
2108106086_2_bab1.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
2108106086_6_bab5.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
2108106086_7_dafpus.pdf Download (490kB) |
Abstract
Keterampilan abad ke-21 khususnya kemampuan mengambil keputusan, yang masih tergolong rendah di kalangan siswa. Studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Beber menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kesulitan dalam menganalisis informasi, memilih solusi yang tepat, dan memberikan justifikasi atas keputusan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan E-LKPD interaktif dalam meningkatkan kemampuan mengambil keputusan pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen pretestposttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X, masing-masing sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 27 orang dan kontrol yang terdiri dari 30 orang, yang dipilih melalui teknik purposive random sampling. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal tes uraian, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inquiry terbimbing berbantuan ELKPD interaktif berjalan dengan baik dan efektif. Siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan mengambil keputusan dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran tergolong sangat positif, baik dari segi keterlibatan maupun pemahaman terhadap materi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan E-LKPD interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan mengambil keputusan siswa. Model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran inovatif di era digital, khususnya dalam pembelajaran Biologi yang kontekstual dan menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry Terbimbing, E-LKPD Interaktif, Pengambilan Keputusan, Pembelajaran Biologi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:44 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |