PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RQA (Reading, Questioning and Answering) BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Fina Marselina Azesta, (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RQA (Reading, Questioning and Answering) BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108106094_1_cover.pdf

Download (870kB)
[img] Text
2108106094_2_bab1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
2108106094_6_bab5.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2108106094_7_dafpus.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran RQA (Reading, Questioning, and Answering) berbantuan E-LKPD interaktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian berupa survey dan observasi. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan uji SPSS V.21. untuk mengetahui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan persentase aktivitas belajar secara umum mencapai 85%, 79%, dan 88% pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen (rata-rata N-gain 95%) dan kelas kontrol (rata-rata N-gain 39%), yang didukung oleh hasil uji hipotesis independen dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,050). Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran RQA juga menunjukkan hasil yang positif, di mana sebagian besar siswa (79%) memberikan respon positif terhadap model pembelajaran ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RQA berbantuan ELKPD interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran RQA, E-LKPD interaktif, Kemampuan berpikir kritis dan Sistem reproduksi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:49
Last Modified: 11 Aug 2025 01:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16866

Actions (login required)

View Item View Item