Peran Guru PAI Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Era Digital Studi Kasus di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon

Muhammad Ibnu Sholeh, (2025) Peran Guru PAI Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Era Digital Studi Kasus di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101061_1_cover.pdf

Download (728kB)
[img] Text
2108101061_2_bab1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
2108101061_6_bab5.pdf

Download (239kB)
[img] Text
2108101061_7_dafpus.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran PAI di era digital. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena menurunnya minat dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran agama yang cenderung bersifat tekstual dan reflektif, di tengah dominasi konten digital yang instan dan visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran strategis sebagai fasilitator, motivator, dan teladan spiritual dalam pembelajaran digital. Para guru mengadopsi berbagai strategi seperti integrasi media digital berbasis nilai, penggunaan metode pembelajaran reflektif, dan penguatan relasi emosional serta spiritual dengan siswa. Faktor pendukung meliputi dukungan fasilitas digital sekolah dan kemauan guru dalam berinovasi, sementara faktor penghambat utamanya adalah kesenjangan literasi digital dan rendahnya refleksi spiritual siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar intrinsik siswa dapat tumbuh secara signifikan ketika guru PAI mampu menggabungkan pendekatan pedagogis transformatif dengan nilai-nilai keislaman secara kontekstual. Oleh karena itu, peran guru PAI sangat vital dalam membangun fondasi spiritual dan karakter siswa di tengah tantangan digitalisasi pendidikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Motivasi Belajar Intrinsik, Pembelajaran Agama Islam, Era Digital, Strategi Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:24
Last Modified: 11 Aug 2025 03:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16878

Actions (login required)

View Item View Item