PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X DI MAN 5 CIREBON

EGA NUGRAHA, (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X DI MAN 5 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101137_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108101137_2_bab1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
2108101137_6_bab5.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2108101137_7_dafpus.pdf

Download (152kB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk penggunaan media pembelajaran interaktif seperti Wordwall untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Website Wordwall terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN 5 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain Pretest�Posttest Control Group Design, melibatkan 67 peserta didik yang terbagi menjadi kelas kontrol (33 siswa) dan kelas eksperimen (34 siswa). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis, observasi aktivitas pembelajaran, dan angket respon peserta didik, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih signifikan dengan nilai rata-rata posttest 84 dibanding kelas kontrol (65). Nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,70 (tinggi) sementara kelas kontrol 0,40 (sedang). Aktivitas pembelajaran di kelas eksperimen juga lebih interaktif dengan rata-rata nilai observasi pertemuan ketiga mencapai 94, lebih tinggi dibanding kelas kontrol (91). Respon peserta didik terhadap penggunaan Wordwall sangat positif, dengan 65% menyatakan kategori "sangat kuat" dan 32% "kuat". Uji hipotesis menunjukkan signifikansi 0,000 < (0,05) yang membuktikan bahwa media Wordwall berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Website Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:28
Last Modified: 14 Aug 2025 01:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16961

Actions (login required)

View Item View Item