PENGARUH MODEL PROJECT MIND MAPPING PADA APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAIBP DI SMP NEGERI 1 TALUN

FEBRYANI NUR’ RAHMA, (2025) PENGARUH MODEL PROJECT MIND MAPPING PADA APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAIBP DI SMP NEGERI 1 TALUN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.

[img] Text
2108101160_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108101160_2_bab1.pdf

Download (847kB)
[img] Text
2108101160_6_bab5.pdf

Download (577kB)
[img] Text
2108101160_7_dafpus.pdf

Download (587kB)

Abstract

Model project mind mapping menawarkan potensi yang besar untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memunculkan ide-ide baru, unik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa dengan model project mind mapping yang menggunakan aplikasi canva lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan aplikasi canva dalam pembelajaran PAIBP. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model project mind mapping dengan aplikasi canva dan kelas kontrol menerapkan model project mind mapping tanpa aplikasi canva dalam pembelajaran PAIBP. Data diperoleh melalui penilaian produk mind mapping, lembar observasi dan angket kreativitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kreativitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 75% dengan kategori ―Kreatif‖, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai rata-rata 51% dengan kategori ―Cukup Kreatif‖. hasil uji independent T-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kreativitas siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Respon siswa yang sangat positif karena pendekatan ini memberikan kebebasan dalam mengekplorasi ide, mendorong kerjasama, serta mengembangkan keterampilan berfikir kreatif dan pemecahan masalah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Mind Mapping, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:52
Last Modified: 14 Aug 2025 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16968

Actions (login required)

View Item View Item