Tiara Muzdalifah, (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Sets Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2008107056_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2008107056_2_bab1.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
2008107056_6_bab5.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
2008107056_7_dafpus.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di MI Nurul Huda selama ini mayoritas masih dibawah kriteria ketuntasan. Minimum (KKM) Pelajaran IPA di MI Nurul Huda Pangenan yaitu sebesar 75. Hanya 40%. Siswa yang mampu memenuhi kriteria ketuntasan minimum, sedangkan 60% siswa. Masih dibawah kriteria ketuntasan minimum. Penulis menggunakan Salah satu cara yang diharapkan dapat menjadikan pembelajaran efektif dan menyenangkan serta dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa dengan mengukur literasi sains siswa adalah pembelajaran IPA dengan model Numbered Head Together berbasis SETS. Untuk meningkatkan literasi sains pada siswa sebaiknya siswa dihadapkan dengan praktek langsung, menemukan masalahnya sendiri serta mampu menyelesaikan masalahnya tersebut. Sehingga siswa bisa terbentuk karakternya yaitu kedisiplinan, ketelitian, serta kerja sama dengan anggota kelompoknya. Dalam Penelitian ini ada beberapa Rumusan Masalah diantaranya, Bagaimana penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbasis SETS pada pembelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda di kelas V MI Nurul Huda Pangenan, Bagaimana kemampuan Literasi Sains siswa setelah mendapatkan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis SETS pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V MI Nurul Huda Pangenan, Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis SETS terhadap Literasi Sains siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V MI Nurul Huda Pangenan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbasis SETS pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda dikelas V MI Nurul Huda Pangenan. Untuk mengetahui kemampuan Literasi Sains siswa setelah mendapatkan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis SETS pada Pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V MI Nurul Huda Pangenan.Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis SETS terhadap Literasi Sains siswa pada pembelajaran IPA Materi perubahan wujud benda di kelas V MI Nurul Huda Pangenan. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kuantitatif. Data dari penelitian ini di Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data Teknik Pengumpulan Data Instrument Pengumpulan Data Teknik Analisis Data Hasil Uji Coba Instrumen. Teknik Analisis Data Hasil Penelitian Teknik Analisis Data Uji Prasyarat Uji Hipotesis Uji Analisis Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbasis SETS Analisis Angket Respon siswa Hasil Penelitian menunjukan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbasis SETS dapat Meningkatkan literasi sains siswa hal ini dilihat dari persentase pertemuan kedua Lebih tinggi dibandingkan dengan pertemuan pertama. 2) Terdapat perbedaan peningkatan literasi sains siswa yang signifikan antara kelas Eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together Berbasis SETS dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbasis SETS. 3) Siswa memberikan respon sangat baik terhadap pembelajaran IPA dengan Menggunakan model pembelajaran NHT berbasis SETS. Hal ini membuktikan Bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbasis SETS pada perubahan wujud benda mendapat respon positif dari siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran NHT, SETS, Literasi Sains. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:07 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |