An’nisa Maulidiya, (2025) Pengembangan Media Interaktif Digital Pendidikan Pancasila Kelas IV Kurikulum Merdeka Di Mi Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2008107062_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008107062_2_bab1.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
2008107062_6_bab5.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
2008107062_7_dafpus.pdf Download (433kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila oleh siswa kelas IV di MI Salafiyah Kota Cirebon. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif, serta metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Selain itu, keterbatasan keterampilan guru dalam memanfaatkan media digital juga menjadi salah satu faktor yang menghambat optimalisasi pembelajaran Pendidikan Pancasila. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan perkembangan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif digital berbasis Canva untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV. Media yang dikembangkan diharapkan sesuai dengan karakteristik peserta didik tingkat sekolah dasar serta selaras dengan prinsip-prinsip yang ada dalam Kurikulum Merdeka. Dengan adanya media pembelajaran interaktif ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila sekaligus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kontekstual. Penelitian ini didasarkan pada teori konstruktivisme dari Jean Piaget yang menyatakan bahwa anak usia sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret, sehingga memerlukan media pembelajaran yang konkret dan interaktif untuk menunjang pemahaman konsep. Selain itu, teori media pembelajaran menurut Arsyad menyatakan bahwa media berfungsi sebagai alat bantu yang mampu merangsang pikiran, perasaan, dan perhatian peserta didik agar proses pembelajaran berlangsung lebih efektif. Kurikulum Merdeka menjadi dasar acuan dalam penyusunan materi, dengan pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel, relevan, dan berpusat pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas IV MI Salafiyah Kota Cirebon sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media, observasi guru, serta angket respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Setiap tahapan pengembangan dilakukan secara sistematis untuk menghasilkan media yang layak dan sesuai kebutuhan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif digital berbasis Canva ini dikembangkan secara sistematis dan layak digunakan. Validasi ahli materi memperoleh skor 82% (kategori ―Sangat Layak‖), validasi ahli bahasa sebesar 63,33% dan ahli media sebesar 65,71% (kategori ―Layak‖). Respon siswa juga sangat positif, dengan skor 74,65% termasuk dalam kategori ―Menarik‖, dan praktikalitas guru mencapai 82%. Dengan demikian, media ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila, serta mendukung pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan Kurikulum Merdeka dan teori pembelajaran konstruktivistik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif Digital, Canva, Pendidikan Pancasila, Kurikulum Merdeka, Kelas IV, MI |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |