Manajemen Pola Asuh Orang Tua dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di PAUD As Saadah Kabupaten Cirebon

NINA LATIFAH, (2024) Manajemen Pola Asuh Orang Tua dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di PAUD As Saadah Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
1908108010_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908108010_2_bab1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
1908108010_6_bab5.pdf

Download (258kB)
[img] Text
1908108010_7_dafpus.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan yang ditemukan pada PAUD As Sa‟adah, banyak perbedaan perilaku pada siswa diantaranya anak belum mampu mengontrol serta memahami perasaan orang lain sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman dan pertikaian. Dengan adanya perbedaan perilaku pada anak maka terdapat juga perbedaan dalam tingkat kecerdasan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajmen pola asuh orangtua dalam peningkatan kecerdasan anak usia dini di PAUD As-Saadah Kabupaten Cirebon. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang memiliki hasil data deskriptif berupa ucapan atau tulisan serta perilaku suatu subjek yang diamati. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa A1 dan walimurid PAUD As Saadah. Adapun pengumpulan data melalui metode observasi dan wawancara secara mendalam. Teknik analisis data yang disajikan yaitu berupa penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan, triangulasi data yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menujukkan: Tingkat kecerdasan emosional anak kelas A1, 17 anak rata-rata mencapai tingkat MB (Mulai Berkembang). Pola asuh yang diterapkan oleh narasumber sebagai walimurid di PAUD As Saadah yaitu pola asuh demokratif. Manajemen pola asuh yang diterapkan oleh narasumber disesuaikan fungsi umum manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pergerakan atau pelaksanaan, dan pengawasan. Faktor pendukung dan penghambat manajemen pola asuh orang tua dalam peningkatan kecerdasan emosional anak diantaranya kepribadian orangtua, lingkungan sekitar baik keluarga maupun tempat tinggal atau sekolah, karakteristik anak

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pola Asuh, Kecerdasan Emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:32
Last Modified: 14 Aug 2025 03:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item View Item