Iif Nur Ma’rifatillah, (2025) Pengembangan Media Flash Card Huruf Sambung Berbasis Digital Untuk Kemampuan Menulis Imla’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dikelas V MI Salafiyah. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107010_1_cover.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text
2108107010_2_bab1.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
2108107010_6_bab5.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
2108107010_7_dafpus.pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis imla’, khususnya dalam hal penempatan huruf sambung Arab di awal, tengah, dan akhir kata. Kesalahan dalam penulisan posisi huruf dapat mengakibatkan perubahan makna, sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai struktur huruf sambung. Kemampuan menulis imla’ merupakan keterampilan penting dalam menuangkan gagasan secara tertulis dengan menggunakan huruf hijaiyah secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan pembelajaran imla’ di kelas V MI Salafiyah; (2) menguji kelayakan media pembelajaran flash card berbasis digital; dan (3) mengukur efektivitas media tersebut dalam meningkatkan keterampilan menulis imla’ siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran imla’ yang selama ini diterapkan hanya mencakup penjelasan umum tanpa pendalaman tentang tata letak dan penulisan huruf sambung. Oleh karena itu, dikembangkan media pembelajaran berupa flash card digital sebagai upaya untuk membantu siswa memahami bentuk dan posisi huruf hijaiyah dalam penulisan kata. Media ini divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli media (91%), ahli bahasa (85%), dan ahli materi (87%) yang seluruhnya menyatakan media sangat layak untuk digunakan. Selain itu, uji efektivitas berdasarkan perbandingan nilai pretest dan posttest melalui uji N-Gain menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata 87,4% yang termasuk kategori tinggi. Skor N-Gain yang melebihi 76% juga menegaskan bahwa media flash card digital ini efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis imla’ siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media flash card, kemampuan menulis imla’, kelas V |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |