Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Kegiatan Outing class Daycare Syekh Nurjati Cirebon.

WAHYUNI, (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Kegiatan Outing class Daycare Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
1908108020_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908108020_2_bab1.pdf

Download (537kB)
[img] Text
1908108020_6_bab5.pdf

Download (258kB)
[img] Text
1908108020_7_dafpus.pdf

Download (524kB)

Abstract

Dewasa ini, pendidikan karakter menjadi ujung tombak dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari berbagai permasalahan yang muncul akibat dari menurunnya nilai karakter manusia, seperti terjadinya Bullying, kenakalan anak, kekerasan fisik dan perilaku tercela. Manfaat dari pendidikan karakter yakni menjadikan manusia agar kembali ke fitrahnya yang dapat selalu menghiasi kehidupannya dengan nilai-nilai kebajikan yang telah digariskan. Pendidikan karakter perlu ditanamkan bagi setiap individu, khususnya dari sejak dini melalui beberapa cara, seperti halnya kegiatan outing class . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan outing class di Daycare Syekh Nurjati Cirebon. Nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan dalam penelitian ini adalah displin, mandiri dan rasa ingin tahu. Pentingnya menanamkan nilai karakter kepada anak didik agar dapat membentuk perilaku anak untuk keberlangsungan di masa mendatang. Kegiatan outing class dilaksanakan di Gedung Negara dengan beberapa pengenalan seperti pengenalan transportasi, pengenalan tumbuhan, hewan dan pengenalan arah. proses internalisasi yang dilakukan dalam kegiatan outing class yakni persiapan, perlaksanaan dan evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai karakter diinternalisasikan dalam kegiatan outing class untuk membentuk beberapa karakter diantaranya karakter displin, mandiri dan rasa ingin tahu. Hal tersebut terlihat dari setiap kegiatan outing class yang terdiri dari displin yakni menjadikan anak datang tepat waktu. mandiri yakni menjadikan anak mampu membawa barang pribadi miliknya. rasa ingin tahu yakni menjadikan anak banyak menggali informasi tentang kegiatan yang sedang dilakukan seperti bertanya kepada pengajar tentang hewan�hewan di gedung negara. Hasil rata-rata dari karakter displin yang menunjukkan rata�rata paling tinggi, yakni anak mampu datang tepat waktu dengan rata-rata 91,9%. Selanjutnya, hasil rata-rata nilai karakter mandiri yang menunjukkan rata-rata paling tinggi, yaitu anak mampu membawa barang pribadi miliknya dengan rata-rata 94,9%. Terakhir, hasil nilai karakter rasa ingin tahu yang menunjukkan rata-rata paling tinggi, yakni anak mampu memberi makan hewan dengan rata-rata 91,9%. Dari data tersebut, maka dapat diyakini bahwa kegiatan outing class mengandung nilai-nilai karakter yang dapat mengembangkan karakter anak usia dini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Displin, mandiri, rasa ingin tahu, Outing class
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:34
Last Modified: 14 Aug 2025 03:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16991

Actions (login required)

View Item View Item