Putri Nadia Susanti, (2025) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pop-Up Book Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Taman Kalijaga Permai. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107042_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107042_2_bab1.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
2108107042_6_bab5.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
2108107042_7_dafpus.pdf Download (212kB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Namun, di SDN Taman Kalijaga Permai, ditemukan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi “Bertukar atau Membayar” kurang bervariasi dan cenderung membosankan bagi siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi bahan ajar yang mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini didasarkan pada teori motivasi belajar yang membedakan motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan penggunaan bahan ajar yang menarik dan interaktif. Pop-up book digital dianggap sebagai bahan ajar yang mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan serta memadukan elemen visual, teks, dan media yang relevan dengan karakteristik anak usia sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar pop-up book digital, serta mengembangkan bahan ajar tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi, dengan partisipan siswa kelas IV SDN Taman Kalijaga Permai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar pop-up book digital memperoleh hasil validasi yang sangat baik. Validasi ahli media pada tahap pertama memperoleh persentase 74,54% (layak) dan meningkat menjadi 92,72% (sangat layak) setelah revisi. Validasi ahli materi mendapatkan persentase 85% (sangat layak), sedangkan validasi ahli bahasa memperoleh persentase 91,43% (sangat layak). Uji coba terbatas menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor motivasi belajar dari 71,3 menjadi 75,85, atau mengalami peningkatan sebesar 4,55 poin. Dengan demikian, bahan ajar pop-up book digital dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan ajar digital, Motivasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:53 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |