Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Interactive Letter Board

Eva Novalina, (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Interactive Letter Board. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
2008108054_1_cover.pdf

Download (706kB)
[img] Text
2008108054_2_bab1.pdf

Download (995kB)
[img] Text
2008108054_6_bab5.pdf

Download (775kB)
[img] Text
2008108054_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kendala dalam kegiatan pembelajaran yang digunakan di PAUD Persil Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini pada kelompok B yang masih kurang. Dilihat pada saat pra siklus capaian keberhasilan terdapat 1 anak BB (Belum Berkembang) dan 12 anak MB (Mulai Berkembang). Oleh karena itu, diperlukan perbaikan pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak, yaitu dengan menggunakan media Interactive Letter Board.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini di PAUD Persil Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Dilakukan dengan 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek pada penelitian ini merupakan 15 anak kelompok B di PAUD Persil Kota Cirebon. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa kisi-kisi instrumen observasi, validasi instrumen observasi, dan rubrik penilaian. Adapun jenis data yang dihasilkan yakni deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk mendapatkan hasil peningkatan. Hasil penelitian pada pra siklus, capaian keberhasilan memperoleh nilai sebesar 64,9% dengan kriteria MB (Mulai Berkembang), sedangkan pada siklus 1 mencapai nilai sebesar 77,1 % dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) artinya mengalami peningkatan sebesar 12,2%. Sedangkan pada siklus 2 mencapai nilai sebesar 87,2% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik), artinya mengalami peningkatan sebesar 10,1% dan sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%, sehingga dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media Interactive Letter Board dikatakan berhasil.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal huruf, media Interactive Letter Board, anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:55
Last Modified: 14 Aug 2025 03:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item View Item