Nadya Nazelita, (2025) Pengaruh Digital Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Khalifa Al-Qolam Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.
![]() |
Text
2108108005_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108108005_2_bab1.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
2108108005_6_bab5.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
2108108005_7_dafpus.pdf Download (307kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat sangat memengaruhi pada pola asuh orang tua. Peran orang tua sangat penting untuk perkembangan kehidupan anak. Salah satunya perkembangan sosial anak usia dini. Perkembangan sosial pada anak usia dini berkaitan dengan interaksi dan perilaku anak dengan orang lain. Upaya pengasuhan orang tua agar anak tidak terpengaruh dari perkembangan teknologi yaitu dengan mengawasi dan mengelola penggunaan teknologi oleh anak, pengasuhan tersebut ialah digital parenting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan digital parenting, perkembangan sosial anak dan adakah pengaruh digital parenting terhadap perkembangan sosial pada anak usia 5-6 tahun di TK Khalifa Al-Qalam Kota Cirebon. Penelitian ini fokus pada masalah pengaruh digital parenting terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Analisis data menggunakan kolerasional. Sampel penelitian terdiri dari 21 responden, peneliti mengunakan teknik Purposive sampling untuk menetukan responden yang menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur pengaruh digital parenting terhadap perkembangan sosial pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan digital parenting di kelompok B2 memperoleh presentase dengan skor 91,6 %. Dengah hal itu penerapan digital parenting di kelompok B2 TK Khalifa Al-Qalam sangat positif. Pada perkembangan sosial anak-anak kelas B2 TK Khalifa Al-Qalam memperoleh persentase dengan skor 76,9 %, yang berarti perkembangan sosial di kelompok B2 TK Khalifa Al-Qalam berkembang dengan baik. Dan terdapat pengaruh yang signifikasi antara digital parenting dengan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Khalifa Al-Qalam Kota Cirebon. Dengan hasil uji regresi menunjukan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05. Kemudian nilai Adjusted R Square yang diperoleh dari analisis regresi linear sederhana adalah 0,774. Dengan demikian, digital parenting memberikan kontribusi sebesar 77,4% terhadap perkembangan sosial anak kelas B2 tersebut, sementara sisanya sebesar 22,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap orang tua mengenai cara orang tua dalam membimbing anak dalam menggunakan alat teknologi yang akan berdampak pada kemampuan sosial anak di kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Parenting, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:06 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |