Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas III di MIN 1 Cirebon.

UMIYATI, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas III di MIN 1 Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107054_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108107054_2_bab1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
2108107054_6_bab5.pdf

Download (225kB)
[img] Text
2108107054_7_dafpus.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih terdapat beberapa anak yang masih kurangngnya pemahaman terhadap materi pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar siswa berdampak tidak memuaskan dan kurang dari kriteria ketutntasan minimal (KKM) yang sudah di tentukan oleh sekolah. Selain itu penelitian ini juga dilatar belakangi oleh guru yang jarang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi saat menerapkan pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain One Group Pretest. sampel dalam penelitianberjumlah 36 sampel yang diambil dengan teknik Probability Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 5 butir soal yang kemudian di analisis dengan uji validitas, reabilitas, normalitas, uji hipotetsis dan uji N-Galin. Hasil penelitian ini menunjukan nilai mean pada saat sebelum diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) yaitu 10,69 dan setelah di terapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) yaitu 18,16. Artinya ada perbedaan yang tinggi dari sebelum dan sesudah di terapkanya model pembelajaran problem based learning (PBL). dan saat uji hipotesis diperoleh nilai yang lebih kecil dari < 0,05, yaitu 0,000 dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya maka terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). kemudian dengan Uji N-Gain didapatkan nilai 0,827 yang termasuk dalam kriteria tinggi bahwa terdapat peningkatan yang tinggi pada hasil belajar siswa setelah diterapkanya model pembelajaran problem based learning (PBL).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Model problem based learning (PBL), Hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:09
Last Modified: 14 Aug 2025 04:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item View Item