Ghina Nur’aini, (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107063_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107063_2_bab1.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
2108107063_6_bab5.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
2108107063_7_dafpus.pdf Download (450kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks deskriptif bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar, khususnya siswa kelas V SD Negeri Cipicung. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat, terbatas dalam penguasaan kosa kata, serta kurang memahami struktur teks deskriptif. Selain itu, guru masih banyak menggunakan metode konvensional dan belum memanfaatkan media pembelajaran secara optimal, sehingga proses belajar menulis terasa membosankan dan kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, serta hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media flashcard terhadap kemampuan menulis teks deskriptif bahasa Inggris siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model tersebut, mengukur peningkatan hasil belajar siswa, dan mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran yang digunakan dalam konteks pendidikan dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment menggunakan non-equivalent control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Think Talk Write berbantuan flashcard dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan analisis N-Gain untuk melihat perbedaan hasil belajar secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Talk Write berbantuan flashcard memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,008 (< 0,05) dan rata-rata N-Gain sebesar 68,38%, yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, model ini terbukti layak dan relevan untuk diterapkan sebagai strategi pembelajaran menulis di tingkat Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Think Talk Write, Flashcard, Teks Deskriptif, Kemampuan Menulis, Bahasa Inggris |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:12 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |