Pengaruh Penggunaan Gagdet Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Pada Kelompok A di RA Salafiyah Kota Cirebon.

AIDA FAIQOH AZ-ZAHRA, (2025) Pengaruh Penggunaan Gagdet Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Pada Kelompok A di RA Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
2108108024_1_cover.pdf

Download (346kB)
[img] Text
2108108024_2_bab1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
2108108024_6_bab5.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2108108024_7_dafpus.pdf

Download (168kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, teknologi dan informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satunya perkembangan gadget yang semakin luas dikalangan masyarakat khususnya anak usia dini. Gadget juga dapat memberikan pengaruh positif dan negatif tergantung bagaimana anak menggunakan gadget dan pengawasan orang tua terhadap anak pada saat menggunakan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunan gadget terhadap kemampuan bahasa anak usia dini pada kelompok A di RA Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Responden yang terlibat pada penelitian ini adalah 13 anak dan 13 orang tua kelompok A RA Salafiyah Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner terkait penggunaan gadget yang diberikan kepada orang tua anak, dan observasi kemampuan bahasa menggunakan indikator yang sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Teknik analisis dan yang digunakan uji univariat dan bivariat dengan menggunakan teknik Analisa uji sommers’d untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di RA Salafiyah Kota Cirebon. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, anak yang menggunakan gadget atau anak yang diberikan gadget oleh orang tua berjumlah 12 anak dengan 92,3% dan yang tidak diberikan gadget oleh orang tua berjumlah 1 anak dengan presentase 7,7%. Untuk kemampuan bahasa anak yang Belum Berkembang (BB) 0 anak, kemampuan bahasa anak yang Mulai Berkembang (MB) 0 anak, kemampuan bahasa anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 3 anak, kemampuan bahasa anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) 10 anak. Setelah data analisis didapatkan nilai p-value 0,000>0,952, maka Ha ditolak dan Ho diterima, maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunan gadget terhadap kemampuan bahasa anak pada kelompok A di RA Salafiyah. Nilai korelasi sebesar 0,014 dengan kekuatan kolerasi lemah, bahwa penggunaan gadget tidak memiliki pengaruh yang berarti terhadap kemampuan Bahasa anak pada kelompok A di RA Salafiyah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, kemampuan bahasa, Anak Usia Dini, kuantitatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:20
Last Modified: 14 Aug 2025 04:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17018

Actions (login required)

View Item View Item