Nabila Nurul Amaluna, (2025) Pengembangan Media Komik Berbasis Digital Bermuatan Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa di SDN Kutamanggu 1. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107102_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107102_2_bab1.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
2108107102_6_bab5.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
2108107102_7_dafpus.pdf Download (322kB) |
Abstract
Saat ini siswa dituntut untuk memiliki keterampilan dalam membantu mengatasi permasalahan abad 21 terdiri dari keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan kolaborasi termasuk salah satu kemampuan abad 21 yang penting untuk ditingkatkan, karena dapat mendukung kerja sama antar siswa meskipun terdapat perbedaan antar mereka. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa rendahnya keterampilan kolaborasi siswa akibat kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterampilan kolaborasi untuk menganalisis siswa di kelas V SDN Kutamanggu 1. Indikator dalam keterampilan kolaborasi mencakup berpartisipasi secara aktif (1), bekerja secara produktif (2), bertanggung jawab (3), fleksibilitas dan kompromi (4), dan saling menghargai (5) Tujuan dari penelitian ini diantaranya: (1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan media komik berbasis digital bermuatan profil pelajar Pancasila, (2) untuk mengetahui bagaimana kelayakan media komik berbasis digital bermuatan profil pelajar Pancasila, (3) untuk mengetahui apakah media komik berbasis digital bermuatan profil pelajar Pancasila efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik untuk teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji N-Gain. Hasil validasi menunjukkan bahwa media komik digital dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli media dengan persentase sebesar 95%, ahli bahasa sebesar 95%, dan ahli materi sebesar 87%. Selain layak digunakan, media ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Hasil uji efektivitas dengan analisis N-Gain menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi dengan rata-rata skor 0,86 pada seri pertama dan meningkat menjadi 0,96 pada seri kedua, keduanya termasuk dalam kategori tinggi, yang menandakan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik digital, Profil Pelajar Pancasila, keterampilan kolaborasi, pengembangan media, siswa sekolah dasar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 06:13 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 06:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |