Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka

Yuliany, (2025) Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109015_1_cover.pdf

Download (850kB)
[img] Text
2108109015_2_bab1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
2108109015_6_bab5.pdf

Download (105kB)
[img] Text
2108109015_7_dafpus.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam sekolah ini, yaitu masih ada beberapa guru yang kurang memahami perubahan dan pembaruan kurikulum, kurangnya motivasi dan literasi guru dalam memahami perubahan kurikulum, serta kendala dan tantangan guru dalam mengintegrasikan teknologi dan metode pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1. Peran guru di SMA Negeri 1 Leuwimunding; 2. Implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Leuwimunding; 3. Hasil implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap peran guru di SMA Negeri 1 Leuwimunding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Peran guru di SMA Negeri 1 Leuwimunding sudah cukup baik dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing. 2. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Leuwimunding sudah cukup baik, walaupun ada sedikit kendala dalam sarana dan prasarana atau pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka itu perlu ditingkatkan. Dalam proses kegiatan pembelajaran sudah cukup baik yang mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi. 3. Hasil implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap peran guru di SMA Negeri 1 Leuwimunding sudah cukup baik dalam menjalankan peran dan tugasnya tidak hanya pada penyampaian materi saja, melainkan mencakup aspek mendidik, membimbing, fasilitator, inspirator, motivator, dan teladan yang baik bagi peserta didiknya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:19
Last Modified: 15 Aug 2025 07:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17063

Actions (login required)

View Item View Item